Home / Berita PKS / Syaikhu : Pentingnya Sinergi Antara Ulama dan Umara

Syaikhu : Pentingnya Sinergi Antara Ulama dan Umara

MUITerwujudnya masyarakat yang adil dan makmur sebagaimana yang kita cita-citakan nampaknya akan sulit terealisasi tanpa adanya partisipasi aktif dari seluruh komponen bangsa. Pembangunan yang hanya berorientasi pada proyek – proyek infrastruktur semata tanpa disertai dengan pembinaan secara menyeluruh kepada warganya hanya akan membuat upaya untuk mencapai tujuan pembangunan nasional berjalan secara parsial. Dengan kata lain, maju atau tidaknya sebuah bangsa bukan (hanya) ditentukan oleh seberapa banyak sarana pendukung yang dimiliki, melainkan sejauh mana keseriusan pemerintahnya dalam melahirkan generasi unggul berkarakter yang memiliki daya saing tinggi. Dalam konteks ini, integritas atau moral warga negara sesungguhnya mencerminkan peradaban yang dimiliki oleh bangsa tersebut.

Itulah yang diungkapkan oleh Bakal Calon Wakil Gubernur Ahmad Syaikhu (Ustadz Syaikhu) saat berdialog dengan jajaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Subang beberapa waktu lalu. Dalam safari politik yang dilaksanakan pada tanggal 20 Desember lalu itu, Syaikhu menekankan tentang pentingnya peran ulama untuk memberikan masukan kepada pemerintah (daerah) dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Syaikhu, yang tak lain adalah alumni Buntet Pesantren Cirebon itu memahami betul tentang posisi strategis ulama dalam membangun sebuah peradaban. Dengan kelimuan serta kharisma yang dimilikinya, ulama sejatinya memiliki kapasitas yang mumpuni untuk “menuntun” para pengambil kebijakan dalam menjalankan roda pemerintahannya.

Dalam pertemuan tersebut Ustadz Syaikhu didampingi oleh Ketua DPD PKS Subang T. Munandar Hilmi, S.Ag beserta jajarannya. Selain itu bakal calon Bupati Subang Agus Masykur atau yang akrab dipangil Kang Akur juga turut memberikan sambutan. Pihak MUI sendiri sangat mengapresiasi silaturrahmi yang dilakukan oleh DPD PKS Kabupaten Subang serta Ustadz Syaikhu tersebut mengingat hanya PKS satu-satunya partai yang melakukan silaturrahmi ke kantor MUI Subang atas nama partai atau lembaga.

Adapun ketersediaan sarana ibadah yang memadai di tempat kerja merupakan salah satu persoalan yang saat ini menjadi bahan diskusi di jajaran pengurus MUI Kabupaten Subang. Banyaknya perusahaan – perusahaan yang tidak menyediakan sarana ibadah secara layak bagi para karyawannya sudah semestinya menjadi perhatian pemerintah daerah. Dengan kewenangan yang dimilikinya, pemerintah daerah diharapkan dapat mengeluarkan peraturan yang mampu mendorong para pengusaha agar menyediakan sarana ibadah bagi para karyawannya secara memadai. Oleh karenanya, pihak MUI pun menghimbau kepada kepala daerah yang terpilih untuk bersinergi dalam menjaga hak – hak warganya untuk melaksanakan ibadah. MUI akan mendukung calon kepala daerah yang benar-benar memiliki visi untuk mewujudkan masyarakat yang religius, khususnya di kabupaten Subang. MUI yakin bahwa kabupaten Subang akan benar – benar menjadi daerah yang maju apabila dipimpin oleh orang yang beriman dan betaqwa.

Menanggapi permintaan tersebut, Ustadz Syaikhu pun berjanji akan memperhatikan berbagai masukan dari MUI apabila dirinya dipercaya untuk memimpin Jawa Barat untuk lima tahun ke depan. Beliau berjanji akan melibatkan MUI dalam penyusunan berbagai Peraturan Daerah (Perda) bersama DPRD sebagai salah satu ikhtiar dalam melaksanakan pembangunan di daerah secara paripurna. Sinergi semacam ini juga sangat diperlukan sebagai langkah strategis untuk melahirkan generasi unggul dan berakhlak mulia.

This Post Has Been Viewed 61 Times

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *