Home / Artikel Bebas / Perempuan Sebagai Pelopor Kebaikan di Keluarga dan Masyarakat

Perempuan Sebagai Pelopor Kebaikan di Keluarga dan Masyarakat

20160305025359-3-696x392-696x392

Oleh :

Dina Sari Utami, S.Pd

 

The hands that rock the cradle rule the world , and behind a succesfull of man there is a woman. (Tangan-tangan yang mengayun buaian adalah tangan-tangan yang mengatur dunia , dan di belakang kesuksesan seorang laki-laki ada seorang perempuan hebat). Andai saja kalimat bijak tersebut benar-benar dipahami oleh setiap perempuan, niscaya negara kita akan menjadi negara maju dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi. Hal ini dikarenakan perempuan merupakan sosok yang mampu mendorong terciptanya sumber daya manusia yang unggul.

Dengan kemampuan yang dimilikinya seorang perempuan akan mampu menjadi motivator bagi keluarganya. Ia akan menjaga keluarganya dengan baik. Menjadi pendamping dan penyemangat suami, menjadi pendidik bagi putra putrinya serta senantiasa hadir untuk memberikan solusi bagi setiap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Adapun saat melaksanakan kewajibannya dalam mendidik putra putrinya, perempuan tidak hanya dituntut untuk mampu mencetak generasi penerus yang cerdas. Lebih dari itu, seorang perempuan diharapkan mampu mengembangkan potensi yang sudah Allah berikan pada mereka dengan sebaik-baiknya. Menanamkan mimpi-mimpi masa depan yang akan menjadi daya dorong terciptanya generasi yang sukses dan maju merupakan bagian tugas penting yang tak bisa diabaikan begitu saja. Oleh karena itu, tidak berlebihan apabila ada pendapat yang menyatakan bahwa jatuh bangunnya suatu negara tergantung pada kaum perempuannya.

Ketika suatu hari kutanyakan apa mimpimu pada jagoanku, dengan bangga ia menjawab, “Aku ingin jadi bupati di kota ini.” Saat kutanya mengapa, jawabnya begitu optimis, ia menjawab, “Aku ingin buat kota ini menjadi smart city, kota terbaik se -Indonesia. Dengan begitu temen-temenku ga ngejek kota kita lagi.” Wow…. Luar biasa… sang kakak tak mau kalah, “ Kalau aku ingin buat resort syari’ah terbaik di Indonesia bahkan dunia. Aku ingin Indonesia menjadi pusatnya pariwisata syari’ah, jadi bisa menarik devisa yang besar untuk pembangunan dan kita bisa menjadi Negara yang mandiri tidak tergantung hutang luar negeri.” … fantastis !..Semoga cita-cita muliamu mendapatkan kemudahan dari Allah SWT. My princes , panggilan kesayangan untuk putri sulungku, memang saat ini kuliah di jurusan Managemen Resort and Leisure. Jagoan kecilku pun tak mau kalah, “ Mi.. kalau aku sudah besar, aku ingin jadi Chief, aku ingin buat restoran terbesar di tengah laut. Jd yang mau makan di restoranku aku jemput pake pesawat.“ walaupun di akhir kalimatnya dia bertanya, “bisa kan mi di tengah laut buat bangunan.” Dengan yakin akupun menjawab, “ InsyaAllah bisa.” Sambil berfikir berapa ya harga makanannya.

Masya Allah…, itu hanya segelintir cerita tentang mimpi. Bisa bayangkan bagaimana luar biasanya mimpi-mimpi anak-anak yang lain. Dan sesungguhnya kita sudah melihat banyak hal bisa terwujud dari sebuah mimpi. Taman Mini Indonesia Indah adalah wujud dari mimpi seorang Tien Suharto, presawat R 80 yang demikian canggih adalah mimpi seorang Habibie, bahkan Indonesia merdeka , tanah air tercinta ini pun terwujud dari mimpi para pahlawan kita.

Dengan kemampuannya, seorang perempuan kuat akan mampu menjaga mimpi-mimpi generasi itu hingga bisa terwujud. Sejarah telah mencatat, tidak sedikit orang-orang sukses di dunia ini karena ada peran seorang perempuan di belakangnya. Kita melihat bagaimana seorang Thomas Alva Edison bisa menjadi seorang penemu yang hebat karena motivasi yang luarbiasa dari ibunya. Sosok seorang ibu yang mampu merubah kondisi Edison kecil dari seorang yang dicap ‘tidak mampu’ oleh gurunya, menjadi anak yang mampu mengeluarkan potensi luar biasanya dengan satu keyakinan bahwa anaknya adalah anak yang unggul. Kita juga membaca sejarah tentang bagaimana seorang Eistein yang dengan gemblengan penuh dari ibunya ternyata mampu memunculkan kecerdasannya yang sangat tinggi, bahkan tertinggi di dunia.

Itulah beberapa contoh yang menggambarkan betapa hebatnya seorang perempuan. Di Indonesia kita juga memiliki perempuan-perempuan luar biasa yang mampu merubah wajah generasi kita. Sebut saja Dewi sartika, Cut Nyak Dien, Cut Mutia serta RA Kartini. Mereka adalah perempuan-perempuan luar biasa di masanya dan tetap menjadi inspirasi bagi generasi saat ini.

Ada sebuah kisah menarik untuk kita simak.

Alkisah ada seorang anak bertanya pada bundanya.” Bunda, temanku tadi bercerita kalau ibunya selalu membiarkan tangannya digigit nyamuk sampai nyamuk itu kenyang supaya tak mengigit temanku. Apa bunda juga akan berbuat yang sama?”

Sang bunda tertawa dan menjawab terus terang , “ Tidak. Tapi bunda akan mengejar setiap nyamuk sepanjang malam supaya tidak sempat mengigitmu atau keluarga kita.”

Mendengar jawaban itu sang anak tersenyum dan kembali melanjutkan kegiatan bermainnya. Tak berapa lama sang anak berpaling pada ibunya, mendadak ia teringat sesuatu, “ Terus bun…aku pernah mendengar cerita ada bunda yang rela tidak makan supaya ank-anaknya bisa makan kenyang. Kalau bunda bagaimana?” anak itu mengajukan pertanyaan yang hampir sama.

Kali ini sang bunda menjawab dengan suara lebih tegas, ”bunda akan bekerja keras agar kita semua bisa makan sampai kenyang. Jadi, kau tidak harus sulit menelan karena melihat ibumu menahan lapar.”

Si anak kembali tersenyum, lalu memeluk sang bunda dengan penuh kasih sayang,” terimakasih bunda, aku bisa selalu bersandar pada bunda.”

Sembari mengusap lembut rambut anaknya, sang bunda membalas, “ Tidak Nak! Tapi bunda akan mendidikmu supaya kau bisa berdiri kokoh di atas kakimu sendiri, agar nantinya kau tidak akan jatuh tersungkur ketika bunda sudah tidak ada lagi di sisimu. Karena tidak selamanya bunda bisa mendampingimu.”

Dari kisah tersebut kita dapat melihat betapa besarnya peran seorang perempuan. Hal ini dikarenakan Allah SWT telah membekali kaum perempuan dengan karakter yang tangguh. Pada saat perempuan ke luar rumah untuk ikut serta dalam pembangunan masyarakat, kita akan melihat banyak hal yang bisa dilakukan. Mendidik, membina, dan mendampingi masyarakat agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik merupakan tugas yang senantiasa diemban oleh setiap perempuan. Waalahu’alam bisshowab…

 

Penulis :

Dina Sari Utami, S.Pd

ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga DPD PKS Subang

This Post Has Been Viewed 107 Times

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *