Home / Berita PKS / Pembekalan Caleg se Jabar IX, (Subang Majalengka Sumedang)

Pembekalan Caleg se Jabar IX, (Subang Majalengka Sumedang)

Pks-subang.org.  Ahad tanggal 03 11 2013 kemarin DPD PKS Kab Subang menjadi tuan rumah acara pembekalan calon anggota legislatif se wilayah JABAR IX yang meliputi wilayah subang-majalengka dan sumedang . Pembekalan yang diisi oleh tim dari DPW PKS Jabar ini dihadiri oleh sekitar 120 Caleg dari daerah subang, majalengka dan sumedang baik itu caleg kabupaten, provinsi maupun Pusat.

Dalam sambutannya, kordinator Caleg pusat dan provinsi Jabar IX dr. Encep Sugiana,M.Hkes yang juga merupakan caleg untuk DPR-RI menuturkan pentingnya kerjasama antara seluruh caleg untuk mensukseskan target DPW PKS Jabar untuk mendapatkan 4 kursi di DPR-RI pusat dan 2 di DPRD provinsi, serta 2x lipat dari anggota dprd kabupaten yang ada sekarang. Beliau juga mnegingatkan jangan sampai menganggap calon lain yang satu daerah sebagai musuh tapi jadikanlah mereka sbagai kompetitor yang memicu semangat kita untuk bekerja lebih baik, dalam bahasa qur’annya “fastabiqul khairaat” atau berlomba-lomba dalam kebaikan, berlomba lah antum semua untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

 Ada 3 sesi materi dalam pembekalan ini, sesi pertama ustad arifin sobari memberikan tasj’i  , motivasi kepada para caleg untuk meningkatkan semangat dan kinerja mereka di masayarakat, jangan ada lagi jawaban “ah da abdi mah kapaksa jadi caleg ge”, (ah saya mah terpakasa jadi caleg juga) ketika ditanya kenapa tidak bergerak ke  masyarakat.

Sesi kedua di isi oleh ustad Ridho Budiman yang memberikan materi tentang personal Branding. Dalam pemaparannya ustad RBU menelaskan tentang pentingnya personal branding untuk caleg agar mudah dikenal masyarakat, personal branding bisa menjadi diferensiasi atau pembeda antara seorang caleg dengan yang lainnya. Salah seorang caleg dari majalengka sudah memulai personal brandng ini dengan memposisikan diri beliau sebgai orang sunda yang merakyat dengan berpenampilan sebagai kabayan, seorang caleg lain memanfaatkan skillnya sebagai tukang sunat yang cukup terkenal di majalengka untuk mengadakan sunatan gratis.

Sesi terakhir diisi oleh ustad Sadar Muslihat yang memberikan materi tentang peraturan2 KPU tenntang kampanye caleg. Beliau mengingatkan kepada para caleg untuk mempelajari dengan baik peraturan yang berlaku, tapi juga jangan terlalu takut bergerak karena adanya peraturan2 itu.

Setelah pemberian materi, diadakan pleno diskusi yang dibagi menjadi 2 kelompok, kab. majalengka dan kab subang. Di diskusi kelompok dibahas dan ditanyakan target real suara dari masing-masing caleg. Hasilnya subhanallah, dengan penuh keyakinan masing kabupaten menargetkan 19 kursi untuk Majalengka dan 18 kursi untuk Subang, terdengar mimpi??? Orang bisa ngobrol walaupun terpisah ribuan KM itu dulu adalah impian seorang edison, dan akhirnya ditemukanlah Telepon, kerja besar berasal dari mimpi dan cita-cita besar (anis Matta).

Dalam acara ini juga menhadirkan ibu Tini Sonjaya yang akrab dipanggil teh Tison, Ummahat dari ciamis yang juga Caleg dpdrd ciamis no urut 8 dapil II yang membagikan pengalamannya yang subhanallah ketika melakukan sosialisasi di daerah pemilihannya. Semua yang beliau lakukan dilakukan secara terstruktur dan tertulis., sehingga evaluasi mudah dilakukan. Tampaknya sharing dari teh Tison banyak memberi inspirasi kepada para caleg lain di dapil jawa barat IX ini, jazkillah teh Tison atas ilmunya :-).

Acara pembekalan ini diakhiri dengan pembacaan Ikrar pemennangan oleh seluruh caleg, baik itu caleg kabupaten, provinsi maupun pusat yang dipimpin oleh kordinator wilayah Jabar IX dr. Encep Sugiana, M.Hkes.

This Post Has Been Viewed 127 Times

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *