Thursday , November 15 2018
Home / Berita Terbaru / Menyongsong Kebangkitan Ekonomi Kabupaten Subang

Menyongsong Kebangkitan Ekonomi Kabupaten Subang

SilaturahmiPKS Subang – News. Dalam rangka mensosialisasikan program pemerintah pusat untuk para pengusaha kecil dan menengah serta memperkenalkan ruang lingkup kerja Komisi VI DPR-RI, beberapa waktu lalu anggota Komisi VI dari Fraksi PKS Nurhasan Zaidi menggelar silaturrahmi dengan para pengrajin makanan di kabupaten Subang. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 14 agustus tersebut dilaksanakan di Aula Koperasi Kelompok Tani Sugih Mukti, Kampung Cadas Ngampar Kasomalang Wetan. Tak kurang dari 30 orang pengrajin makanan hadir dalam acara yang penuh dengan kekeluargaan itu. Berbagai aspirasi dari para pengusaha pun muncul untuk kemudian dijadikan masukan bagi pemerintah pusat dalam merancang program-program strategisnya.

Dalam pertemuan tersebut terungkap bahwa faktor permodalan menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh para pengusaha industri rumahan tersebut. Minimnya modal yang dimiliki sangat berpengaruh terhadap kapasitas produksi mereka. Oleh karena itu para pengusaha pun meminta agar pemerintah pusat membuka akses yang seluas-luasnya bagi mereka untuk mendapatkan bantuan permodalan. Hal ini perlu dilakukan agar produk yang dihasilkan lebih banyak sehingga berdampak pada meningkatnya pendapatan mereka.

Selain masalah permodalan, kendala lain yang dihadapi oleh para pengrajin adalah terkait pemasaran. Terbatasnya ruang lingkup pemasaran mengakibatkan hasil produksi mereka belum begitu dikenal luas oleh masyarakat lainnya di luar kabupaten Subang. Oleh karena itu para pengusaha pun berharap agar pemerintah memberikan bantuan serta pendampingan agar produk mereka mampu menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Dalam hal ini pemerintah dapat memberikan berbagai pelatihan maupun mengadakan event-event berskala nasional untuk memperkenalkan berbagai produk andalan dari kabupaten Subang.

Berbagai aspirasi yang disampaikan oleh para pengusaha tersebut hendaknya menjadi catatan bagi pemerintah pusat. Hal ini dikarenakan saat ini Subang termasuk salah satu daerah yang menjadi primadona para investor maupun wisatawan. Menjamurnya rumah makan yang terletak di jalur Bandung – Subang merupakan indikator bahwa Subang tengah bangkit menjadi daerah dengan potensi wisata yang cukup tinggi. Pasca diresmikannya Jalan Tol Cipali beberapa waktu lalu, para wisatawan pun tidak hanya berdatangan dari arah Bandung maupun Jakarta, namun juga dari provinsi lain seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hal ini tentu saja menjadi peluang tersendiri bagi para pengusaha industri makanan maupun minuman. Oleh karena itu, sinergi antar lembaga pemerintah pusat maupun daerah pun sangat diperlukan guna mengelola potensi yang sangat besar itu. Dengan demikian, Subang pun akan mampu bangkit menjadi kekuatan ekonomi tersendiri  yang patut diperhitungkan dan dibanggakan di tanah air.

This Post Has Been Viewed 102 Times

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *