Friday , December 15 2017
Home / Berita PKS / Menggali Potensi Subang

Menggali Potensi Subang

MenggaliBesarnya potensi yang dimiliki oleh suatu daerah sejatinya merupakan anugerah yang harus dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya. Melimpahnya Sumber Daya Alam {SDA} serta tanah yang subur akan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah tersebut apabila dikelola dengan baik. Sebaliknya, ketidakmampuan para pengambil kebijakan dalam mengelola potensi yang sangat besar itu hanya akan menjadikan masyarakat sebagai “penonton” dan tidak bisa menikmati manfaat dari apa yang mereka miliki.

Adapun kabupaten Subang merupakan sebuah daerah di Jawa Barat yang dikenal kaya akan potensi alamnya. Areal pertanian membentang dengan luasnya dan menjadi salah satu andalan masyarakat Subang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain itu hasil dari perkebunan seperti nanas, teh dan kopi pun menjadi produk unggulan yang siap untuk dikirim ke luar Subang bahkan menembus pasar mancanegara. Tak hanya itu, sektor perikanan pun menjadi potensi tersendiri yang dimiliki oleh kabupaten Subang dalam upaya menggerakkan roda perekonomian bagi warganya. Melihat topografi Subang saat ini, tak heran apabila banyak investor dari luar yang mulai melirik Subang sebagai tujuan investasi yang akan memberikan keuntungan cukup besar.

Di lain pihak, dibukanya Gerbang Tol Cipali semakin menambah energi bagi kabupaten Subang untuk menjadi kekuatan ekonomi baru yang layak untuk diperhitungkan. Kemudahan akses dari berbagai wilayah menuju daerah yang dikenal dengan ikon buah nanasnya ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi masyarakat Subang untuk bangkit menjadi daerah yang lebih maju dari saat ini. Adapun sektor pariwisata merupakan bidang yang paling merasakan manfaat dari beroperasinya jalan tol yang baru diresmikan selama beberapa tahun tersebut. Sejak dibukanya gerbang tol Cipali, kunjungan wisatawan mengalami kenaikan yang sangat drastis. Hal ini dikarenakan para wisatawan tersebut bukan hanya berasal dari wilayah Jawa Barat maupun ibukota saja, namun juga daerah – daerah lainnya seperti Jawa Tengah maupun Sumatera.

Melimpahnya jumlah wisatawan tersebut tentu saja akan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah {PAD} apabila disambut dengan berbagai kebijakan yang tepat. Pembangunan destinasi – destinasi wisata baru sangat dimungkinkan untuk menciptakan pemerataan pendapatan di setiap daerah. Hal ini perlu dilakukan agar manfaat dari kedatangan para wisatawan tersebut tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di satu daerah saja, namun juga dapat dinikmati oleh warga di daerah – daerah lainnya.

Potensi lain yang saat ini dimiliki oleh Subang adalah pembangunan Pelabuhan yang tak lama lagi akan segera terealisasi. Pelabuhan yang berlokasi di daerah Patimban tersebut dipastikan akan menjadikan Subang sebagai daerah strategis yang menawarkan nilai ekonomi sangat tinggi. Lalu lintas perdagangan akan menjadi lebih ramai pasca beroperasinya pelabuhan tersebut. Tak heran apabila saat ini banyak pengusaha yang berlomba untuk memiliki lahan di daerah Subang.

Agar berbagai potensi tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Subang, dibutuhkan kejelian dan kecermatan dari pemerintah daerah dalam mengeluarkan kebijakan yang benar – benar dibutuhkan di lapangan. Untuk menyikapi dunia industri yang tengah berkembang dengan pesatnya, pemberian program pelatihan khusus yang berorientasi pada keahlian kerja perlu dilakukan sesegera mungkin. Adapun untuk menyambut datangnya para wisatawan yang sangat melimpah itu, masyarakat perlu didorong untuk membangun sentra – sentra produk unggulan yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Selain memberikan bantuan modal, teknologi pangan pun hendaknya menjadi perhatian pemerintah untuk meningkatkan nilai ekonomi dari produk – produk yang dihasilkan. Buah nanas yang kita miliki tentunya akan bernilai lebih tinggi apabila diolah menjadi minuman segar ataupun manisan yang dikemas secara modern.

Adapun dalam bidang pertanian, pemerintah daerah diharapkan mampu menjaga keberlangsungan areal persawahan yang selama ini menjadi salah satu tumpuan masyarakat. Menjaga ketersediaan air dengan cara merawat irigasi – irigasi mutlak dilakukan oleh dinas terkait. Selain itu memberikan kemudahan kepada para petani untuk mendapatkan benih unggul pun perlu dilakukan agar produk yang dihasilkan benar – benar memuaskan.

Melalui upaya – upaya tersebut, penulis berharap besarnya potensi yang dimiliki Subang dapat berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Dengan demikian, daerah yang kita cintai ini akan mampu bangkit menjadi daerah maju yang disegani oleh daerah – daerah lainnya di Indonesia. (Tulisan ini merupakan opini Kang Agus Masykur yang dimuat di Koran Pasundan Ekspress Edisi 06 September 2017)

This Post Has Been Viewed 51 Times

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *