Sunday , September 15 2019
Home / Berita Terbaru / Literasi Politik Bagi Generasi Millenial

Literasi Politik Bagi Generasi Millenial

Literasi Politik.

PKS Subang News – Dalam rangka memberikan pendidikan politik bagi para santrinya, Madrasah Aliyah (MA) Persis Pamanukan kabupaten Subang menyelenggarakan kegiatan outdoor study ke kantor DPD PKS Subang beberapa waktu. Kegiatan yang merupakan bagian dari mata pelajaran Fiqih Siyasah tersebut diikuti oleh puluhan santri dan santriwati yang didampingi oleh seorang guru. Rombongan langsung disambut oleh Bapak T. Munandar Hilmi, S.Ag selaku Ketua DPD PKS Subang. Acara yang berlangsung cukup hangat tersebut diisi dengan pemaparan terkait dunia politik dan dilanjutkan dengan diskusi serta Tanya jawab.

Dalam pemaparannya, Bapak T. Munandar Hilmi, S.Ag selaku nakhoda partai dakwah di Kabupaten Subang menjelaskan tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam kehidupan bernegara. Adapun menggunakan hak pilih dalam setiap pesta demokrasi sejatinya merupakan hak sekaligus kewajiban kita sebagai warga negara Berbagai kebijakan yang dirasakan oleh masyarakat saat ini sejatinya merupakan hasil dari proses politik yang dirumuskan oleh pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Artinya, integritas dan kapabilitas para penyelenggara negara di tingkat pusat, daerah serta wakil rakyat terpilih akan sangat menentukan baik atau buruknya wajah bangsa ini di masa yang akan datang.

Banyaknya kebijakan yang merugikan kepentingan rakyat saat ini menunjukkan, mereka yang diberikan mandat untuk melayani kepentingan rakyat belum berada di jalur yang benar. Kenaikan tarif listrik yang tidak manusiawi, kian sulitnya untuk mendapatkan layanan kesehatan secara memadai, serta dikeluarkannya kebijakan import pangan yang sangat merugikan petani lokal merupakan sebagian kecil dari sekian banyak kebijakan pemerintah yang bertentangan dengan kepentingan rakyatnya. Demikian halnya dengan kondisi yang dihadapi para ulama saat ini. Persekusi terhadap beberapa ulama yang dilakukan oleh pihak pihak tertentu serta kasus penganiayaan yang dilakukan oleh orang gila membuktikan, negara belum benar benar hadir untuk melindungi para ulama yang sangat berjasa besar dalam kemerdekaan dan pembangunan bangsa Indonesia.

Adapun para wakil rakyat yang diharapkan mampu bersuara lantang dalam memperjuangkan kepentingan rakyat yang diwakilinya justru cenderung bersikap sebaliknya. Nyaris tidak ada perlawanan dari wakil rakyat terhadap berbagai kebijakan pemerintah yang jelas jelas merugikan kepentingan rakyat. Para wakil rakyat yang terhormat itu seolah hanya berperan sebagai tukang stempel dalam menyikapi berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh lembaga eksekutif. Tak heran apabila tingkat kepercayaan masyarakat terhadap anggota DPR pun kian menurun. Lebih jauh lagi, sikap apatis terhadap dunia politik saat ini tengah mengancam generasi muda yang sejatinya merupakan calon calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

Setelah menyimak pemaparan dari Ketua DPD PKS Subang, para santri pun mulai memahami tentang pentingnya peran mereka dalam dunia politik. Pemimpin jujur dan amanah serta para wakil rakyat yang benar benar memiliki misi untuk memperjuangkan kepentingan rakyat memang harus benar benar diikhtiarkan, salah satunya adalah dengan menggunakan hak pilih dalam setiap hajatan demokrasi. Adapun partai politik merupakan sarana yang sangat strategis untuk melahirkan calon calon pemimpin bangsa serta wakil rakyat yang akan menentukan maju atau tidaknya bangsa ini di masa yang akan datang.

This Post Has Been Viewed 22 Times

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *