Friday , December 15 2017
Home / Berita PKS / Konsistensi TNI Dalam Menjaga NKRI

Konsistensi TNI Dalam Menjaga NKRI

Dirgahayu TNIKemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia sejak puluhan tahun silam sejatinya merupakan amanat yang harus kita jaga dengan sebaik –baiknya. Kedaulatan yang diperoleh dengan penuh perjuangan itu sudah selayaknya kita pertahankan demi masa depan anak cucu kita. Berbagai gangguan yang datang silih berganti pada hakikatnya merupakan tantangan yang akan memacu bangsa ini untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dari waktu ke waktu.

Adapun Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan elemen penting yang berperan besar dalam menjaga tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagai benteng utama pertahanan darat, laut dan udara, TNI memiliki tugas berat untuk menghalau berbagai ancaman yang datang dari luar. Banyaknya pihak – pihak yang selalu berusaha mengincar kekayaan alam kita menuntut TNI untuk bekerja lebih keras dalam menjaga setiap jengkal tanah yang menjadi milik republik ini.

Di usianya yang ke – 72, telah banyak prestasi yang berhasil ditorehkan oleh TNI baik secara personal maupun lembaga yang membuat dunia terkagum – kagum. Pada tahun 2008 lalu, Discovery Channel Military merilis sebuah berita yang menyebutkan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Angkatan Darat sebagai pasukan elite paling kuat dan menduduki peringkat 3 dunia. Kopassus teruji mampu bertahan di berbagai medan sekalipun tidak dibekali dengan peralatan canggih. Tak heran apabila mereka  pun dipercaya untuk melatih pasukan elit di wilayah Afrika.

Selain dinobatkan sebagai salah satu pasukan terkuat di dunia, TNI juga berperan besar dalam mengharumkan nama Indonesia dalam berbagai event tingkat dunia yang digelar beberapa tahun lalu. Pada tahun 2014, TNI – AD berhasil meraih juara umum dalam lomba menembak khusus militer yang diselenggarakan di Australia. Tahun berikutnya, juara umum kembali direbut TNI – AD dalam lomba menembak yang dilaksanakan di Brunei Darussalam.

Prestasi – prestasi yang disebutkan oleh penulis di atas hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak prestasi yang berhasil diraih oleh TNI. Hal ini tentunya menjadi “peringatan” tersendiri bagi pihak – pihak tertentu yang ingin mencoba mengganggu kedaulatan republik ini dengan melakukan berbagai manuver. Besarnya kekuatan yang dimiliki oleh TNI sejatinya merupakan modal berharga yang dimiliki oleh bangsa ini  dalam rangka melindungi kedaulatan negeri yang merupakan warisan dari para pahlawan kita.

Adapun untuk menghalau ancaman yang datang dari dalam negeri, TNI juga terbukti telah berperan aktif. Kewaspadaan TNI terhadap bangkitnya kembali paham komunisme di bumi pertiwi ditunjukkan oleh Panglima TNI dengan menginstruksikan seluruh jajaran serta kesatuannya untuk memutar kembali film tentang penghianatan PKI atau yang lebih dikenal dengan G-30 S / PKI. Melalui pemutaran kembali film tersebut, TNI seakan ingin mengingatkan masyarakat saat ini terhadap sejarah kelam yang pernah dialami oleh bangsa ini agar tidak terulang kembali di masa yang akan datang.

Seruan Panglima TNI tersebut nyatanya tidak hanya dilaksanakan oleh jajarannya, melainkan mendapatkan sambutan hangat dari berbagai elemen masyarakat. Hal ini terbukti dari banyaknya warga yang memenuhi tempat – tempat pemutaran film yang disiapkan oleh jajaran TNI di seluruh daerah. Antusiasme warga kian besar manakala diskusi tentang peristiwa bersejarah tersebut digelar pasca pemutaran film.

Besarnya peran TNI dalam melindungi negeri ini dari berbagai gangguan yang datang dari luar maupun dalam pada akhirnya membuat rakyat yakin terhadap konsistensi TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI. TNI terbukti mampu melaksanakan tugasnya dan membuat bangsa Indonesia disegani oleh bangsa – bangsa lainnya. Selamat Hari TNI ! Jayalah selalu Indonesiaku ! (Tulisan ini Merupakan Opini Kang Agus Masykur yang dimuat di Koran Pasundan Ekspress Edisi 6 Oktober 2017)

This Post Has Been Viewed 10 Times

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *