Home / Berita Terbaru / Karakteristik Orang yang Beruntung

Karakteristik Orang yang Beruntung

     

image

            
oleh : Fata Bambang Elfityah!
Saudaraku, bukankah kita mendambakan keberuntungan?. Namun seperti apakah keberuntungan itu? Apakah keburuntungan itu ketika seseorang memiliki harta yang banyak? Apakah seseorang yang memiliki jabatan yang tinggi? apakah keberuntungan itu seperti para selebritis?. Mungkin masih banyak diantara kita yang menganggap bahwa orang beruntung itu, berharta banyak, memiliki jabatan yang tinggi dan dikenal. Mungkin itulah standar keberuntungan kebanyakan. Lalu apakah orang seperti itu ada jaminan beruntung di akhirat? Jawabnya adalah belum tentu. Karena Harta yang banyak dan jabatan tinggi tidak menjamin orang bisa masuk surga.Bukankah keberuntungan itu jika kita berada di surga?

Saudaraku,izinkan saya menyampaikan kabar baik dari Allah swt tentang golongan orang-orang yang beruntung. Sejak14 abad yang lalu, Allah Swt,telah menyampaikan dalam firman Nya tentang karakteristik orang yang beruntung. Banyak ayat yang menjelaskan tentang orang yang beruntung. Dari sekian banyak ayat tersebut saya sampaikan beberapa ayat yang menggambarkan tentang orang yang beruntung.

1. Orang yang selalu ber amar ma’ruf dan nahi munkar
Saudaraku,orang beruntung itu adalah mereka yang dengan kerelaan hati mengajak manusia kepada kebaikan dan menjauhi kemunkaran. Mereka adalah para Da’i, yang menjadi teladan baik dengan ucapan maupun perbuatanya. Mereka berdakwah mengajak orang dimana saja,kapan saja dan dengan siapa saja. Mereka sadar, lebih mudah menegakan yang Ma’ruf daripada yang Munkar. Walau dwmikian,mereka tetap siap mengambil resikonya. seperti firman berikut
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.”  (Q.S. Ali Imran (3) : 104)

2. Orang mu’min yang selalu beramal shaleh.
Saudaraku, orang beruntung yang berikutnya adalah, mereka yang tidak hanya beriman,namun juga gemar beramal shaleh. Setiap hari merwka menebar kebaikan. Mereka sadar,bahwa yang akan mereka bawa mati adalah amal,bukan harta atau jabatan .Oleh karwnanya mereka berusaha bahwa setiap potwnsibyang mereka miliki,baik harta atau jabatan,akan mereka gunakan dan konversi menjadi amal-amal shaleh. Mereka sadar dan yakin,sekecil apapun amal shaleh yang dilakukan, Allah Swt akan membalasnya dan menjadi pemberat pada timbangan di akhirat kelak.
“Barang siapa yang berat timbangan (kebaikan) nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat keberuntungan. Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahanam. (Q.S. Al-Mu’minun (23) : 102-103)
“Timbangan pada hari itu ialah kebenaran (keadilan), maka barang siapa berat timbangan kebaikannya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.”  (Q.S. Al-A’raf (7) : 8)

3. Orang yang mau berjihad dengan jiwa dan harta
Karakteristik berikutnya adalah, bahwa orang yang beruntung itu,adalah mereka yang siap mengorban harta bahkan jiwanya di jalan Allah Swt. Mereka totalitas mengabdikan dirinya hanya kepada Allah Swt. Mereka infak kan harta dan jiwanya,sebagaimana para sahabat, Abu Bakar ra, Umar ra dan yang lainya. Bahkan kita pernah mendengar bagaimana Abu Bakar ra, berkontribusi di Perang TABUK, beliau rela menginfakbkan semua hartanya, dan baginya cukup Allah dan Rasul nya. Masyaallah. igjlah gambaran irang beruntung yang seperti Allah swt sebutkan dalam ayat berikut.
“Tetapi Rasul dan orang-orang yang beriman bersama dia, mereka berjihad dengan harta dan diri mereka. Dan mereka itulah orang-orang yang memperoleh kebaikan; dan mereka itulah (pula) orang-orang yang beruntung.”  (Q.S. Al-Taubah (9) : 88)

4. Orang yang bertaubat
Terakhir yang bisa disampaikan tentang karakteristik orang beruntung adalah, mereka adalah orang yang senantiasa kembali kepada Allah swt dalam taubat-taubatnya setiap hari. Mereka memperbanyak istighfar,memohon ampunan Allah Swt dalam sujud sujud panjangnya. Mereka senantiasa takut kepada Allah, mengingat Rasulullah saw saja yang dima’sum dan dijamin masuk surga,setiap hari Taubatnya tidak kurang dari 70 kali.
“Adapun orang yang bertobat dan beriman, serta mengerjakan amal yang shaleh, semoga dia termasuk orang-orang yang beruntung.”  (Q.S. Al-Hasyr :28)
Demikianlah gambaran tentang orang-orang beruntung menurut Al Quran. Semoga kita termasuk golongan orang -orang yang disebutkan diatas agar kita menjadi beruntung. Waallohu’alam Bishshowab…

Penulis :

image

Nama      : Fata Bambang El Fityah
Aktifitas  :
1. Ketua DPC PKS Subang
2. Ketua DPA ODOJ Wil Subang
3. Pengisaha Bengkel

This Post Has Been Viewed 191 Times

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *