dr. Encep Sugiana,MH.Kes, Caleg DPR-RI No Urut 4 DAPIL (Subang, Majalengka, Sumedang)

dr encep sugiana

 

Kali ini InsyaAllah kita akan berkenalan dengan salah seorang Calon Anggota Dewan untuk DPR-RI dengan no Urut 4 untuk daerah pemilihan Subang, Majalengka dan Sumedang yaitu dr. H Encep Sugiana, MH.Kes. 

Lahir di Garut tanggal 3 Juli 1965 lahir dari keluarga besar Bapak Tosin dan  Ibu Yoyoh dengan 8 bersaudara. Beristrikan seorang apoteker yang bernama Dra. Muhayaroh, Apt yang lahir di Serang pada tanggal 10 Maret 1968. Dari hasil perkawinannya dikaruniai anak 5 orang yaitu Ahmad Fannan, Raisya, Syaima, Sofa dan Marwah. Alumni Pasca Sarjana dari Universitas Soegyapranata Semarang jarusan Hukum Kesehatan ini pernah mengenyam pendidikan di SDN Mularajeun Garut, SMPN Cilawu Garut,  dan SMA 1 Garut.

Dalam Dunia Politik di Subang nama dr. Encep Sugiana sudah sangat dikenal luas. Beliau sudah menjabat 3 periode anggota dewan dari PKS.  Pada periode 1999 – 2004 beliau menjadi anggota dewan yang dulu masih bernama Partai Keadilan mewakili wilayah Kecamatan Purwadadi karena pada waktu itu belum ada Daerah Pemilihan. Pada Periode 1999 – 2004 pernah menjadi ketua Komisi E. Wakil Ketua Komisi B dan Sekretaris Komisi C, Ketua harian Panitia Anggaran, dan beberapa kali menjadi ketua Pansus.

Periode 2004 – 2009 diusung dari Partai Keadilan Sejahtera mewakili Daerah Pemilihan Purwadadi, Cikaum, Binong dan Tambak Dahan. Pada periode tersebut menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Subang. Sedangkan untuk Periode 2009 – 2014 diusung dari Partai Keadilan Sejahtera untuk Dapil Pagaden, Pagaden Barat, Compreng dan Cipunagara. Pada periode ini disampaing sebagai Ketua Fraksi PKS juga menjadi Sekretaris Komisi B dan sekretaris Komisi C.

di Partai Keadilan Sejahatera dr. Encep Sugiana pernah menduduki psosisi sebagai ketua DPD PK dan PKS Kab Subang. Disamping sebagai anggota dewan aktif juga di beberapa lembaga seperti KONIDA Kab, Subang, Persatuan Ummat Islam, Muhammadiyah, IDI, dll. KONIDA Kabupatenm Subang menjabat sebagai Ketua Bidang Kesehatan sejak Tahun 2002 sampai sekarang. Dewan Pembina PTSMI Kabnupaten Subang tahun 2008 sampai sekarang, ketua bidang Kesehatan di IPSI dan PBSI. Di PUI sekarang menjabata sebagai Ketua Umum PUI Kab. Subang untuk periode kedua. Di IDI pernah menjadi anggota Dewan Pembina disamping sebagai anggota IDI sejak tahun 1995. Dalam organisasi keagamaan yang lain sekarang ini sebagai Ketua yayasan Al Muchlisin, ketua Dewan Pembina Yayasan Robithoh, Anggota Dewan Pembina Yayasan Asyifaa al Khoiriyah,

Leave a Reply