Home / Berita PKS / Bijak Menyikapi Bencana Ala Kang Aher

Bijak Menyikapi Bencana Ala Kang Aher

PKS Subang News – Diskusi online melalui situs jejaring Twitter malam selasa kemarin dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan untuk menyampaikan sikapnya terkait bencana alam yang terjadi dibeberapa wilayah ditanah air. Dalam pandangannya ada tiga pendekatan yang dapat kita lakukan dalam menghadapi setiap bencana alam yang terjadi.

Pertama, pendekatan kemanusiaan. Dalam pendekatan ini setiap bencana yang terjadi sejatinya dijadikan ukuran untuk menguji kepedulian kita terhadap sesama. Dalam hal ini kepedulian kita dalam bentuk memberikan berbagai bantuan yang dibutuhkan oleh para korban sangat diharapkan.

Kedua, pendekatan keimanan. Setiap bencana yang terjadi hendaknya kita anggap sebagai teguran bagi kita untuk senantiasa menjauhi larangan-Nya. Selain itu kita pun diharapkan mampu untuk mencegah terjadinya kemaksiatan yang dilakukan oleh kerabat maupun saudara-saudara kita sebisa mungkin.

Ketiga, pendekatan ilmiah. Dalam hal ini kita dituntut untuk senantiasa berusaha untuk mencegah terjadinya bencana sebisa mungkin menggunakan ilmu pengetahuan yang kita miliki. Normalisasi sungai dan membiasakan masyarakat untuk senantiasa menjaga kelestarian lingkungan merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terulangnya bencana alam. Melalui tiga pendekatan ini kita berharap masyarakat bisa lebih bijak dalam menghadapi setiap bencana yang terjadi.

This Post Has Been Viewed 29 Times

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *