Bangun Ketahanan Keluarga, BPKK PKS Subang Launching Forum Ayah

0
749

Subang – Sebagai salah satu upaya untuk membangun ketahanan dalam keluarga, Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS Kabupaten Subang menggagas sebuah forum yang bernama Forum Ayah. Launching forum tersebut dilakukan pada hari Ahad, 25 Desember 2022 dan bertempat di Kafe Hoffland Subang. Dina Sariutami selaku Ketua BPKK Subang menyampaikan, wadah yang diperuntukkan bagi para ayah tersebut sengaja dibuat dalam rangka memberikan bekal atau edukasi kepada para kepala keluarga agar mampu menjalankan perannya secara maksimal.

Ketua BPKK juga menyinggung tentang sebuah fakta memprihatinkan yang menunjukkan bahwa Indonesia menempati urutan ketiga sebagai negara fatherless atau father hunger terbanyak di dunia. Fenomena semacam ini muncul sebagai akibat dari ketiadaan peran ayah selama proses pengasuhan serta tumbuh kembang anak, Adapun ketidakmampuan ayah dalam membagi waktu antara pekerjaan dan keluarganya menjadi permasalahan tersendiri yang sering dihadapi oleh para ayah. Alhasil, sebagaian anak – anak di Indonesia pun tidak mampu tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Fatherless sendiri sebenarnya bukan semata – mata masalah kehadiran ayah secara fisik, namun juga secara psikologis. Artinya, kurangnya perhatian ayah kepada anak – anaknya mengakibatkan anak merasa bahwa mereka sama sekali tidak memiliki ayah. Adapun paradigma lama yang memandang bahwa tugas ayah sebatas mencari nafkah sedangkan ibu bertugas mengurus rumah menjadi salah satu penyebab maraknya fenomena fatherless di Indonesia. Padahal, ayah dan ibu sejatinya sama – sama memiliki peran penting dalam proses pengasuhan serta tumbuh kembang anak.

Adapun tindak lanjut dari launching forum ini adalah akan diadakannya berbagai kegiatan yang berorientasi pada pembekalan atau edukasi kepada para ayah agar mampu menjalankan perannya secara maksimal. Oleh karena itu, Ketua BPKK pun berharap, seluruh masyarakat di kabupaten Subang dapat memanfaatkan kehadiran forum tersebut untuk menambah wawasan dalam mengelola keluarganya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here